Mengintip markas Facebook Asia Pasifik di Singapura

Singapura (ANTARA News) – Kantor Facebook di Singapura menjadi markas besar Facebook Asia Pasifik dan baru saja pindah dari kantor lamanya ke pusat bisnis negara tersebut di South Beach Tower.

Kantor yang bergabung dengan Instagram ini tidak seperti kantor pada umumnya. Mungkin para staf-nya justru akan betah bekerja karena segala fasilitas yang diberikan. Bahkan situs koran Inggris The Independent menyebut bahwa kantor Facebook Singapura membuat Anda ingin berhenti dari pekerjaan Anda sekarang.

Antara berkesempatan mengintip kantor Facebook yang terletak di lantai 22 South Beach Tower, sebagai bagian agenda dari rangkaian acara Asia Journalism Forum 2018. Kami juga mendapatkan paparan dari tim Facebook yang informasinya off the record.

Setiap pengunjung mendapatkan ID tamu setelah mendaftarkan nama dan email mereka. Saat memasuki ruangan, tamu langsung disambut meja billiard. Tidak jauh dari situ terdapat pantry yang menyediakan berbagai snack dan minuman ringan yang bisa dinikmati sambil duduk di sofa, atau sekedar menyesap kopi panas dari beberapa mesin kopi yang tersedia.

Kantor Facebok maupun Instagram memiliki sudut tembok yang didedikasikan untuk dicoret-coret namun juga menjadi sudut untuk mengambil gambar, selain banyak sudut-sudut dari kantor Facebook dan Instagram yang layak untuk menjadi spot terbaik mengambil gambar.

Saat kami melewati dinding-dinding kantor, mata pun enggan berpaling melihat-lihat karena dimanjakan oleh hiasan yang indah, karya seni yang unik, atau kata-kata motivasi.

Ruang kerja santai dengan berbagai tema sofa juga pantry tersedia di beberapa sudut ruangan.

Terdapat layar yang menampilkan peta ruangan, fungsinya tidak hanya sebagai peta tetapi juga bisa melacak keberadaan staf atau memantau rapat apa saja yang sedang berlangsung. Sementara ruang rapatnya diberi nama-nama yang unik, cenderung humoris, seperti “So How”, “Win Already Lor”, “Satay dan Ketupat”, bahkan judul serial yang populer seperti “Stranger Things” dan “Game of Thrones”.

Selain itu, yang membuat kantor ini lebih “nyentrik” adalah vending machine yang menyediakan berbagai kebutuhan karyawan seperti kabel data, headphone, flashdisk, kertas pembersih keyboard, bahkan keyboard komputer. Karyawan cukup tempelkan kartu identitas mereka di mesin, lalu pilih barang yang dibutuhkan (dan semua dalam kondisi baru)–layaknya kita membeli minuman di vanding machine, kemudian barang tersebut langsung keluar.

Lalu, seperti apa tampilan keseruan kantor Facebook Singapura? Simak foto-foto berikut:

Ruang Kerja Meja billiard sebagai sarana hiburan di markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)   Ruang kerja santai di markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)   Ruang kerja santai di markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)   Salah satu sudut di markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)

Pantry
  Berbagai jenis makanan ringan yang tersedia pantry markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)  
Salah satu pantry di markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)   Mesin kopi di markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)  
Para karyawan sedang antre makan siang dengan berbagai pilihan menu dari berbagai negara di markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)

Fasilitas
  Layar informasi peta ruangan hingga agenda di markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)   Vending machine yang menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan karyawan secara gratis di markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)   Ruang rapat dengan nama-nama unik di markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)   Tembok yang bisa dicorat-coret di salah satu sudut markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)   Salah satu sudut kantor Instagram di markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)   Salah satu sudut kantor Instagram di markas Facebook Asia Pasifik, di South Beach Tower, Singapura. (ANTARA News/Monalisa)

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018