Facebook aktifkan layanan”Safety Check” pasca gempa Donggala-Palu

Jakarta (ANTARA News) – Facebook mengaktifkan layanan Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan pasca bencana gempa bumi yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) sore.

Layanan ini sangat membantu bagi pengguna untuk mencari tahu informasi kondisi terkini kerabat yang terkoneksi akun Facebook ketika berada di lokasi bencana dengan cepat.

Cara kerja layanan ini ketika Facebook mendeteksi bencana alam di suatu area, lalu Facebook akan mengaktifkan fitur tersebut di beranda akun pengguna.

Pengguna Facebook diberikan dua opsi pilihan, pertama pengguna bisa mengonfirmasi keselamatannya. Opsi kedua adalah pengguna bisa menjawab tidak sedang berada di area bencana.

“Kami harap masyarakat di sekitar area bencana dapat merasa terbantu dengan adanya fitur ini untuk memberitahukan kerabat dan keluarga mereka bahwa mereka berada dalam keadaan selamat,” ujar Facebook dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara, Sabtu.

Bagi pengguna yang hendak memastikan keselamatan kerabat di area bencana tinggal membuka laman “Penanggulangan Krisis” di Facebook. 

Setelah dibuka, nanti akan muncul di feed terkait berita dari media, foto, video, hingga postingan terkait bencana, serta informasi soal kerabat pengguna Facebook yang terkena dampak pada bencana.

Hingga saat ini, sudah lebih dari 250 permintaan bantuan yang masuk melalui Community Help.

Baca juga: Sejumlah selebritis sampaikan doa untuk Palu dan Donggala

Baca juga: Bulan Sabit kirim relawan ke Donggala

Pewarta:
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018