Kualitas founder tentukan kesuksesan startup

Jakarta (ANTARA News) – NextICorn Brand Ambassador Daniel Tumiwa mengungkapkan bahwa kualitas seorang founder atau pendiri menentukan kesuksesan perusahaan rintisan atau startup yang didirikannya.

“Kualitas founder akan menentukan. Kalau memang memberanikan diri menjadi founder di dunia teknologi, itu bukan ikut-ikutan dan betul-betul langsung diuji,” ujar Daniel.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa founder yang gagal mendapatkan pendanaan untuk startup-nya dan tidak tahu kemana dia harus bergerak merupakan founder tidak berkualitas.

Founder yang berkualitas, menurutnya, adalah founder yang berupaya mencari cara dan itu tugasnya mencari jalan guna bernavigasi membesarkan startup-nya.

“Pertama, tidak harus orang-orang spesial yang membuat startup. Harus mengerti persis tugasnya. Jadi kiatnya adalah Anda harus memiliki mental seorang founder, darimana informasi itu semua sudah ada dan banyak di dunia maya. Jadi tidak ada tempat bagi orang-orang dengan kualitas medioker atau biasa-biasa saja  ” kata Daniel.

Dia juga mengatakan bahwa setelah itu, kalau bakatnya bagus maka hal-hal lainnya akan mengikuti.

Daniel mengibaratkan hal ini dengan lagu yang bakal hits sebagai contohnya, dimana jika penulis lagunya bagus, bandnya keren, suara vokalisnya mantap maka lagu tersebut akan terkenal. Kalau dari awalnya tidak bagus, katanya, maka hasilnya pun akan jelek.    

Oleh Aji Cakti
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2018