LKB luncurkan aplikasi Betawi Akses

“Betawi Akses”, aplikasi besutan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) dan Jatis yang diharapkan menjadi jendela informasi, referensi, dan etalase bisnis kebetawian di era milenial, resmi diluncurkan pada Sabtu (3/11) di Citywalk Sudirman, Jakarta Pusat.

Peluncuran dilakukan di sebuah seminar yang dihadiri lebih dari 1.000 guru dari Jakarta dan sekitarnya, para penggerak pelestarian dan pengembangan budaya Betawi di bidang pendidikan,

“Kehormatan bagi SBOBET LKB, peluncuran aplikasi Betawi Akses ini dapat dilakukan bersama para guru, karena hanya lewat pendidikan yang baik di kalangan generasi muda, sebuah budaya dapat terus bertahan dan berkembang. Betawi Akses adalah salah satu cara Betawi merespons era milenial,” kata Ketua Umum LKB  Beki Mardani dalam siaran pers LKB di Jakarta, Minggu.

Peluncuran ditandai pemukulan gong oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata dan Budaya, Agus Suradika, sekaligus menandai dibukanya Seminar Pendidikan “Membangun Karakter Bangsa Berbasis Budaya Betawi di Era Milenial” hasil kerja sama Forum Silaturrahmi Pendidik Betawi (FSPB) dan LKB.

Selain Ketua FSPB Samlawi dan Penasehat FSPB Margani H. Mustar, seminar juga dihadiri para pemangku kepentingan bidang pendidikan dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Tak ketinggalan, hadir pula tokoh-tokoh Betawi antara lain Eddie Marzuki Nalapraya, Nachrowi Ramli, Effendi Yusuf, Rusdi Saleh, Nuri Thaher, dan sejumah aktivis dan pemerhati budaya Betawi.

Beki menjelaskan, aplikasi “Betawi Akses” sendiri sudah bisa diunduh di gawai berbasis Android. Boleh disebut sebagai aplikasi pertama yang menggabungkan berita dan referensi kebetawian dengan akses bisnis penggunanya.

Kanal-kanalnya antara lain “Jendela” menampilkan informasi dan referensi Betawi, misalnya soal pakaian, kuliner, tari, musik, permainan, silat, termasuk info dari TV Betawi yang terus dikembangkan kontennya sejalan dengan dinamika masyarakat.

Juga ada kanal “Warung” yang bertujuan memberdayakan ekonomi masyarakat, sekaligus memudahkan melakukan transaksi dunia maya. Semisal fitur pembelian pulsa, pembayaran token listrik, pembayaran BPJS, pembayaran TV Kabel, PAM, Telkom, hingga pembelian paket data internet.

Bahkan ada juga kanal “Chats” yang memungkinkan sesama pengguna “Betawi Akses” melakukan percakapan seperti di platform media sosial lainnya.

Dikatakannya, “Betawi Akses” bersama website resmi LKB akan terus dikembangkan sehingga kelak menjadi “one-stop-shopping” informasi, referensi, dan etalase bisnis yang dapat memuaskan dahaga informasi, sekaligus menggerakkan roda perekonomian orang Betawi khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.